Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?
Baca Berita

Akreditasi Versi 2012 RSUD Wangaya Dinilai KARS

Oleh : rsudwangaya | 26 Juni 2014 | Dibaca : 6646 Pengunjung

Demi mewujudkan  Visi RSUD Wangaya yaitu Menjadi Rumah Sakit Pilihan Utama, Inovatif dalam Pelayanan, Berbasis Budaya Kerja dan Misi RSUD Wangaya yaitu Memberi Pelayanan Bermutu, Terjangkau, oleh Tenaga Profesional dan Mengutamakan Kenyamanan dan Keselamatan Pasien, salah satu langkah yang dilakukan RSUD Wangaya adalah dengan penilaian akreditasi yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). 

“Akreditasi adalah kewajiban yang harus dilakukan sebuah rumah sakit terlebih rumah sakit pemerintah. Hal tersebut tertuang dalam Undang-undang Rumah Sakit No.44 Tahun 2009. Meskipun akreditasi merupakan kewajiban bagi Rumah Sakit dalam rangka mematuhi peraturan perundang-undangan, namun lebih dari itu, bagi kami akreditasi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan kami kepada masyarakat karena dalam akreditasi tersebut kami dituntut untuk memenuhi standar-standar pelayanan , yang mana standar pelayanan tersebut berfungsi sangat vital dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien. Beberapa standar pelayanan yang dinilai dalam akreditasi versi 2012 ini antara lain peningkatan mutu dan keselamatan pasien, manajemen penggunaan obat, fasilitas keselamatan, pendidikan staf, komunikasi dan informasi, kontinuitas pelayanan pasien, assessment pasien, pelayanan anastesi dan bedah, hak pasien dan keluarga, sasaran keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi, pendidikan pasien dan keluarga serta sasaran millennium development goals”. Hal tersebut diungkapkan Direktur RSUD Wangaya, dr. Setiawati Hartawan,M.Kes saat ditemui di sela-sela pelaksanaan akreditasi RSUD Wangaya.

Sebelumnya RSUD Wangaya telah berhasil meraih akreditasi 16 standar pelayanan pada tahun 2009. Seperti akreditasi tahun sebelumnya, kali ini pun RSUD Wangaya berharap dapat lulus pada penilaian akreditasi ini. “Perbedaan penilaian akreditasi sebelumnya dengan akreditasi versi 2012 ini adalah jika pada tahun sebelumnya tim dari KARS hanya melakukan penelusuran pada kelengkapan dokumen yang dimiliki RS, maka pada akreditasi versi 2012 ini, tim penilai melakukan telusur terhadap kelengkapan dokumen dan implementasi di lapangan, sehingga kami benar-benar harus mempersiapkan diri dengan baik”, imbuh dr. Setiawati. Namun demikian dr. Setiawati tetap optimis RSUD Wangaya akan berhasil dalam akreditasi tahun ini. “Kami sudah mempersiapkan akreditasi ini sejak jauh-jauh hari. Kami juga sudah melakukan bimbingan dan studi banding serta mengikuti workshop  tentang akreditasi versi 2012 ini. Dan saya percaya dengan kerja keras serta dukungan dari seluruh komponen yang ada di RSUD Wangaya, terlebih kami sudah berpengalaman dalam memberikan pelayanan kesehatan sejak tahun 1921,  penilaian akreditasi versi 2012 ini akan dapat kami lewati dan mendapatkan hasil yang terbaik”, tutup dr. Setiawati.

Penilaian yang berlangsung selama 3 (tiga) hari yaitu mulai Hari Senin, 23 Juni hingga Rabu, 25 Juni 2014 dinilai oleh Tim dari KARS yang terdiri dari dr. Nina Sekartina, MHA, dr. Siti Sundari, Sp.M, M.Kes, dan Nur Ariati, S.Kp,M.Kes.


Oleh : rsudwangaya | 26 Juni 2014 | Dibaca : 6646 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter