Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?
Baca Berita

RSUD Wangaya Raih Juara I Lomba Membuat Canang Pengraos dalam PKB Kota Denpasar

Oleh : rsudwangaya | 09 Juni 2014 | Dibaca : 2300 Pengunjung

Meski tidak dilombakan dalam ajang PKB XXXVI, lomba kewanitaan untuk PKB di tingkat Kota Denpasar tetap dilaksanakan. Hal ini untuk membina dan melestarikan budaya Bali seperti membuat canang. Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D Mantra didampingi Wakil Ketuanya Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara saat meninjau lomba membuat canang pada ajang PKB Kota Denpasar, Minggu (8/6) di Halaman Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang. Lomba tersebut juga disaksikan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Walikota IGN Jaya Negara dan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara.

 

Para pemenang lomba PKB Kota Denpasar akan dikirim mengikuti workshop tingkat Provinsi Bali. “Kami harapkan para peserta yang dikirim ke tingkat Provinsi nanti bisa menyamakan persepsi dan bisa menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti mengingat workshop tersebut diberikan oleh pakar banten”, ujar Nyonya Selly. Canang pengraos Dewa Yadnya, canang pengraos Manusa Yadnya, dan Pejati merupakan materi yang dilombakan sekaligus materi yang akan diberikan pada workshop tingkat Provinsi nanti. Nyonya Selly menambahkan ketiga materi ini dipilih karena mengingat canang pengraos seringkali digunakan dalam upacara meminang. Selain itu generasi muda juga diharapkan dapat memahami makna dari canang dan lebih mencintai serta melestarikan seni budaya.

 

Salah seorang tim penilai Ni Wayan Sukerti mengatakan pembuatan canang harus mengikuti pakem-pakem yang ada. Untuk pelaksanaan pakem tersebut telah dituangkan dalam kriteria pembuatan canang pengraos, seperti alas berbentuk segi empat (aledan), pada sisinya diisi pleker yang berbentuk hiasan segi tiga dan pada tiap sudut diisi sebuah kojong untuk pinang, gambir, tembakau dan kapur.

 

Dalam kesempatan tersebut RSUD Wangaya turut serta berpartisipasi dalam lomba membuat Canang Pengraos Dewa Yadnya dan berhasil keluar sebagai Juara I. Sementara itu Juara II diraih oleh Bagian Humas Kota Denpasar, Juara III Bagian Kesra Kota Denpasar. Lomba membuat Canang Pengraos Manusa Yadnya, Juara I diraih PKK Kelurahan Sumerta Dentim, Juara II PKK Kelurahan Kesiman Dentim, Juara III PKK Kelurahan Panjer Densel. Dan untuk lomba Pejati Juara I diraih oleh SMKN 4 Denpasar, Juara II SMKN 2 Denpasar, Juara III SMA N 4 Denpasar.


Oleh : rsudwangaya | 09 Juni 2014 | Dibaca : 2300 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter