Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?
Baca Berita

Komitmen Tingkatkan Mutu Pelayanan RSUD Wangaya Kembali Lulus Paripurna

Oleh : ayagnawdusr | 11 Agustus 2017 | Dibaca : 287 Pengunjung

Visi RSUD Wangaya untuk menjadi rumah sakit pilihan utama, inovatif, unggul dalam pelayanan kesehatan dan pendidikan berbasis budaya kerja tampaknya tak hanya sekedar wacana. Dengan komitmen yang tinggi dari seluruh jajaran rumah sakit, RSUD Wangaya kembali bisa meraih Predikat Paripurna pada Akreditasi Versi 2012 yang surveynya dilakukan pada 13-15 Juni 2017. Sebelumnya Predikat Paripurna sudah diraih rumah sakit milik Pemkot Denpasar ini pada akreditasi tahun 2014. Ditemui di Ruang Kerjanya pada Kamis (1/8) lalu, Direktur RSUD Wangaya, dr. Setiawati Hartawan, M.Kes mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena RSUD Wangaya telah berhasil meraih predikat paripurna untuk kedua kalinya. Setiawati juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Bapak Walikota Denpasar dan apresiasinya kepada seluruh jajaran rumah sakit yang telah bekerja keras selama ini. Namun meski telah meraih predikat paripurna untuk kedua kalinya, Setiawati mengingatkan seluruh jajarannya agar tidak terlena dengan keberhasilan yang diraih. “Perjuangan yang sesungguhnya justru baru dimulai. Karena mempertahankan lebih sulit daripada meraih. Begitu pula dalam akreditasi ini. Dengan predikat paripurna berarti beban rumah sakit menjadi lebih berat. Bagaimana kita bisa mempertanggungjawabkan predikat paripurna itu. Tentu kita harus bekerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, kata Setiawati.

Lebih lanjut Setiawati mengatakan bahwa untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, beberapa hal telah dilakukan RSUD Wangaya antara lain pengembangan infrastruktur dengan penambahan ruang rawat inap dan poliklinik, melaksanakan diklat untuk memenuhi standar tenaga yang terlatih,  pengembangan pelayanan kesehatan dengan menambah bidang spesialis seperti spesialis jantung, rehab medik dan patologi anatomi. RSUD Wangaya juga telah meningkatkan statusnya menjadi Rumah Sakit Tipe B Pendidikan pada tahun 2016 lalu, yang berarti tenaga kesehatan di RSUD Wangaya akan lebih terasah ilmu dan pengalamannya dalam memberikan pelayanan kesehatan. “Masih banyak standar yang harus kami penuhi dan terapkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan akreditasi versi 2012 ini. Meskipun belum sempurna namun perbaikan-perbaikan dan pengembangan-pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien pasti akan terus kami lakukan”,imbuhnya.

RSUD Wangaya dinilai oleh surveyor dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang terdiri dari dr.Sugeng Ristanto, MARS, dr.Hendriani SN, Sp.A(K), MARS dan Tulus Setiono, S.Kep,Ns.MPH. Ada 15 Kelompok Kerja (Pokja) yang dinilai dalam akreditasi kali ini yang terdiri dari Sasaran Keselamatan Pasien, Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan, Hak Pasien dan Keluarga, Asessment Pasien, Pelayanan Pasien, Pelayanan Anastesi dan Bedah, Manajemen Penggunaan Obat, Pendidikan Pasien dan Keluarga, Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan, Manajemen Fasilitas dan Keselamatan, Kualifikasi dan Pendidikan Staf, Manajemen Komunikasi dan Informasi serta Milenium Development Goals. ind


Oleh : ayagnawdusr | 11 Agustus 2017 | Dibaca : 287 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter