Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?
Baca Berita

Miliki Treadmill Baru, RSUD Wangaya Adakan Pelatihan Bagi Perawat

Oleh : ayagnawdusr | 18 Juli 2017 | Dibaca : 529 Pengunjung

Mens Sana In Corpore Sano, : “dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat pula”, sepertinya istilah ini sudah melekat dalam dalam diri kita masing-masing, dengan itu setidaknya kita berpikir bagaimana untuk memperhatikan kesehatan tubuh, oleh karena kesehatan itu dikatakan mahal. Segala organ yang ada dalam tubuh ini sangat mahal, maka dari itu memelihara kesehatan dapat dilakukan dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan tentunya lakukan olahraga secara teratur. “Olahraga tidak perlu mahal, pola makan juga tidak perlu istimewa, kesemua itu dapat dilakukan dengan sederhana asalkan kita memiliki niat untuk menjaga kesehatan,” imbuh dr. I Putu Parwata Jaya, M.Biomed,Sp.JP, saat memberikan Pelatihan Khusus Alat Diagnostik Jantung, di Gedung B, RSUD Wangaya, Selasa (18/7).

Dalam pelatihan tersebut ditekankan pada bagaimana cara penggunaan alat treadmill bagi pasien-pasien yang ingin mengetahui perkembangan diagnostik jantungnya. Di RSUD Wangaya sendiri baru pertama kali memiliki alat ini, selain berfungsi untuk mengetahui diagnostik jantung, alat ini memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk mengetahui kapasitas atau kemampuan fisik pasien dan juga berfungsi sebagai prognostic atau outcome, jangka panjang daripada pasien. Dimana fungsi diagnostk sendiri secara umum adalah untuk mengetahui kelainan penyakit jantung koroner, kemudian fungsi kapasitas fisik dapat digunakan untuk menilai kemampuan fisik seseorang, sehingga alat treadmill dapat mengetahui dimana orang tersebut cocok untuk bekerja sesuai dengan kemampuan fisiknya, dan yang ketiga adalah fungsi prognostic, untuk mengetahui apa yang akan terjadi selama lima tahun kedepan bagi si pasien. Contohnya, apakah si pasien mengalami serangan jantung atau serangan jantungnya sangat kecil untuk 5 tahun kedepan.

Lebih lanjut dokter spesialis jantung ini mengatakan, penggunaan alat ini tidak sembarang orang dapat menggunakan. Terdapat beberapa indikasi atau kontra indikasi yang perlu diperhatikan dalam menggunakan alat treadmill ini, kontra indikasi yang dimaksud diantaranya pada penderita jantung akut, kemudian kelainan katup yang berat, dan bagi pasien yang memiliki kelainan-kelainan jantung lainnya. “Dengan adanya alat ini, sangat bermanfaat sesuai dengan fungsinya tadi, namun tidak terlepas pula bermanfaat bagi pasien yang mengalami keluhan nyeri dada yang tidak khas,”imbuhnya.

Dilihat dari sisi pelayanan kesehatan, sudah barang tentu bagi RSUD Wangaya Kota Denpasar, dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dengan adanya alat ini. Ditambah lagi memberikan pelatihan, bagi perawat-perawat yang nantinya diharapakan fasih dalam memberikan pelayanan bagi masayarakat dengan treadmill ini. “Kedepan memang diharapkan untuk pengembangan poliklinik jantung bagi RSUD Wangaya, sehingga tidak hanya dengan pelayanan bagi penderita kelainan jantung saja, pun bagi pasien-pasien yang ingin mengetahui kemampuan jantungnya, bisa menggunakan alat ini, seperti Medical Chek Up,” tegas Kepala Bidang Keperawatan RSUD Wangaya, I Wayan Wiratama, SH. S.Kep, yang kebetulan juga ikut mengawal pelatihan tersebut. dns_humas


Oleh : ayagnawdusr | 18 Juli 2017 | Dibaca : 529 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter