RSUD Wangaya Menggelar Simposium Kesehatan Pengetahuan Klinis Praktis Pelayanan di FKTP

  • 12 Agustus 2019
  • Oleh: RSUD Wangaya
  • Dibaca: 97 Pengunjung

Berkembangnya ilmu kedokteran yang sangat pesat menuntut setiap insan yang bekerja dibidang medis untuk selalu memperbaharui pengetahuannya. 'Keterlambatan dalam mengadopsi ilmu-ilmu terbaru, pedoman terapi dan diagnostik terbaru akan menyebabkan kerugian pada pasien. Pasien akan diterapi dengan tata kelola yang lama dan tidak up to date', jelas Plt. Direktur RSUD Wangaya Kota Denpasar, dr. Dewa Putu Alit Parwita, M.Kes., dalam laporannya pada Pembukaan Simposium Kesehatan, dengan tema 'Pengetahuan Klinis Praktis Pelayanan di FKTP', di Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, pukul 08.30 s/d selesai, Sabtu (10/8) lusa.

Seminar yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para dokter, baik umum maupun spesialis, bidan dan perawat, serta memberi ruang bagi para konsultan untuk membagi ilmu terbarunya di bidang masing-masing ini, diikuti sekitar 350 peserta dari berbagai kalangan medis dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Denpasar, A.A.Rai Iswara, mewakili Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Sri Armini, M.Kes, sekaligus selaku Ketua Dewan Pengawas RSUD Wangaya Kota Denpasar, pengurus IDI, IBI dan PPNI Kota Denpasar, serta narasumber.

Dalam sambutannya, Rai Iswara menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat untuk memelihara kesehatannya sudah semakin membaik, hal ini terlihat dari semua fasilitas pelayanan kesehatan selalu ramai dari pengunjung, dimana ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan semakin hari semakin meningkat, sehingga tenaga-tenaga kesehatan harus sigap dalam menjawab tantangan masyarakat. Ia pun mengapresiasi kegiatan ini, karena perkembangan era saat ini sangat dekat dengan digital, dan ilmu pengetahuan tidak lepas dari hal itu. 'Sudah seharusnya kita juga mengikuti perkembangan ini diberbagai bidang, tidak terkecuali di bidang kesehatan', tutupnya, sekaligus membuka simposium dengan pemukulan gong disaksikan oleh seluruh undangan.

Seminar dengan tagline 'Wake Up 1' (Wangaya Medical Update 1), menghadirkan beberapa narasumber berkompeten dibidangnya, yaitu :

1. dr. I Putu Parwata Jaya, Sp.JP, FIHA dengan materi Chest Pain dan Tata Laksana di Pelayanan Primer.

2. dr. Wayan Wahyu Semara Putra, Sp.P, membawakan materi Screening Karsinoma Paru.

3. dr. Dewi Catur Wulandari, Sp.PD, FINASIM, materi yang disampaikan terkait Diabetes Militus dalam Fokus Tata Laksana dan Insulin.

4. dr. I Gst. Agung Ngurah Anom, MARS, terkait Etika Kedokteran di Era BPJS.

5. Peranan Vital Profesi Perawat di Era BPJS dibawakan oleh Ns. I Made Duita, S.Kep.

6. Dr. dr. I Made Suma Wirawan, Sp.PD, FINASIM, tentang Gastritis Drugs Induce.

7. dr. I Ketut Sumada, Sp.S, Akp., sebagai pembicara dalam hal Nyeri Pada Osteoarthitis.

8. Materi terkait Chronic Kidney Disease Diteksi Dini di FKTP, disampaikan oleh dr. I Wayan Sunaka, Sp.PD, FINASIM, dan yang terakhir,

9. dr. I Ketut Suryana, Sp.PD, KAI, FINASIM, menyampaikan tentang Infeksi HIV dan Permasalahannya di Bali.

Kegiatan ditutup dengan diskusi bagi para peserta, serta penyerahan penghargaan kepada narasumber sekaligus photo bersama di akhir acara.

# humasrsudw2019


  • 12 Agustus 2019
  • Oleh: RSUD Wangaya
  • Dibaca: 97 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

dr. Dewa Putu Alit Parwita, M.Kes

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?