Integrasi Pelayanan Geriatri Rumah Sakit dengan Puskesmas

  • 23 April 2019
  • Oleh: rsudwangaya
  • Dibaca: 424 Pengunjung

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Permenkes RI Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri. Bahwa geriatri merupakan cabang disiplin ilmu kedokteran yang mempelajari aspek kesehatan dan kedokteran pada warga Lanjut Usia termasuk pelayanan kesehatan kepada Lanjut Usia dengan mengkaji semua aspek kesehatan berupa promosi, pencegahan, diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi.

RSUD Wangaya merupakan rumah sakit milik pemerintah, senantiasa memberikan pelayanan kesehatan terbaik pada lansia untuk memeriksakan kesehatannya. 'Poliklinik Geriatri sudah dibuka sejak Januari 2019, dan sekarang ini akan mengembangkan pelayanan terintegrasi dengan seluruh puskesmas di Kota Denpasar' ujar Kabid Pelayanan Medik, dr. IA. Putri Widhiastuti, M.Kes, saat pemaparan tentang Integrasi Pelayanan Geriatri, dihadiri pula Kadis Kesehatan beserta beberapa Kepala Puskesmas di lingkungan Kota Denpasar, bertempat diRuang Pertemuan Atas RSUD Wangaya Kota Denpasar, Senin (22/4) kemarin.

 

 

Kriteria lansia yang dapat memeriksakan kesehatannya adalah memiliki lebih dari satu penyakit, kemudian lansia dengan satu penyakit dan mengalami gangguan akibat penurunan fungsi organ, serta pasien lansia usia 70 tahun ke atas yang memiliki satu macam penyakit.

Lebih lanjut Dayu Putri mengatakan, beberapa jenis layanan geriatri terdiri dari tingkat sederhana, tingkat lengkap, tingkat sempurna dan tingkat paripurna yang kesemuanya dapat dikatagorikan dari pelayanan yang diberikan, salah satunya layanan Home Care. 'RSUD Wangaya Kota Denpasar saat ini dalam tingkat sederhana dan akan naik ke tingkat sempurna. Oleh karena itu, melalui integrasi ini kami harapkan kerjasama semua pihak agar lebih ditingkatkan, sehingga pasien lansia mendapatkan pelayanan yang lebih komprehensif dan berkelanjutan', tambahnya.

Dalam waktu bersamaan juga diadakan penyuluhan kesehatan bagi pasien geriatri oleh bagian PKRS , di ruang poliklinik geriatri, dengan tujuan memberikan pengetahuan dan edukasi kesehatan bagi masyarakat khususnya lansia. #humasrsudw2019


  • 23 April 2019
  • Oleh: rsudwangaya
  • Dibaca: 424 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

dr. Dewa Putu Alit Parwita, M.Kes

23

Sep

Desa Ubung Kaja

Air Mati


22

Sep

I made sutawan

LPJ padam





Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?