Senam Sehat Untuk Refleksikan Diri dan Jiwa

  • 15 April 2019
  • Oleh: rsudwangaya
  • Dibaca: 155 Pengunjung

Didukung cuaca cerah dan sedikit alam terbuka, membuat semangat para peserta senam tidak surut. Secara antusias mengikuti kegiatan senam sehat, dengan tema Senam Sehat Bersama Sahabat Dialisis, yang diadakan oleh PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) bekerja sama dengan perhimpunan keluarga besar Hemodialisa RSUD Wangaya Kota Denpasar, bertempat di lapangan parkir bawah, Minggu (14/4) kemarin. 
Kegiatan yang diikuti sekitar 40 peserta, terdiri dari pasien HD (hemodialisa), perawat, dokter dan psikolog, yang diselipkan pula dengan senam kesehatan jiwa ini, dimulai pkl. 07.30 wita dibuka oleh dr. I Wayan Sunaka, Sp.PD, selaku penanggung jawab Hemodialisa RSUD Wangaya Kota Denpasar. Dalam sambutannya Sunaka mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan diri bagi pasien HD khususnya, agar mendapat suasana baru serta menjalin keakraban. 'Kedepan kami berharap kegiatan ini rutin diadakan, tidak hanya senam saja, namun kami berencana akan mengajak pasien untuk joging trek dipantai, atau di alam terbuka, dan juga melaksanakan Tirtayatra', harapnya. 
Selain senam sehat, dilakukan juga senam tertawa untuk kesehatan jiwa yang dikemas secara apik dan lucu. Digawangi psikolog dengan paras cantik berkulit putih, Nena Mawar Sari mengatakan, senam tertawa ini bertujuan untuk merefleksikan kembali mental pasien. Karena dengan tertawa akan menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri, rasa sakit, serta dapat menghasilkan oksigen lebih banyak untuk paru-paru dan dapat menurunkan tensi. 'Program-program untuk kesehatan mental seperti ini diharapkan berlanjut konsisten, karena tidak berdampak positif bagi pasien cuci darah saja, tetapi lebih untuk membuat suasana hati para tim medis lebih rileks dan nyaman dalam melayani pasien, sehingga terdapat chemistry antara pasien, perawat dan dokter', ujar psikolog berkacamata, yang bertugas di RSUD Wangaya Kota Denpasar ini. #humasrsudw2019


  • 15 April 2019
  • Oleh: rsudwangaya
  • Dibaca: 155 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

dr. Dewa Putu Alit Parwita, M.Kes

23

Sep

Desa Ubung Kaja

Air Mati


22

Sep

I made sutawan

LPJ padam





Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?