JIKA ANAK TIBA TIBA MOGOK SEKOLAH

  • 03 Juni 2019
  • Oleh: RSUD Wangaya
  • Dibaca: 156 Pengunjung
JIKA ANAK TIBA TIBA MOGOK SEKOLAH

Saat memasuki masa tahun ajaran baru, awalnya seorang anak akan senang jika sudah waktunya masuk sekolah. Namun tidak jarang tiba tiba anak jadi mogok dan menolak pergi sekolah ada banyak sekali alasan yang disampaikan anak .

Ada banyak sekali penyebabnya anak tiba tiba mogok sekolah salah satunya adalah gangguan kelekatan pada orang tua dan gangguan penyesuaian.

Seorang anak baru masuk sekolah biasanya akan merasa sangat asing di lingkungan baru. Mereka akan mencari orang dikenalnya selain orangtuanya. Beruntung jika ia mendapatkan teman lama yang kebetulan bersekolah bersama. Jika tidak ada maka harus mendapatkan teman baru.
Bagi anak pemberani dan mudah bergaul, mungkin tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana bagi anak pemalu? Tentu akan lebih sulit mendapatkan teman sehingga butuh waktu lama beradaptasi. Nah, di saat seperti itulah anak tersebut sangat rentan mengalami mogok sekolah.

Selain itu faktor guru juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan anak di sekolah. Mengenali karakter guru membutuhkan waktu yang cukup. Ada anak cepat akrab dengan guru baru, ada pula yang sangat sulit. Kepada guru baru, anak-anak ada merasa cocok, ada pula tidak.
Parahnya adalah ketika anak-anak merasa takut kepada guru baru. Ini sangat rentan bagi anak karena ketakutan berlebihan tanpa sebab, dapat menyebabkan anak tak merasa nyaman hingga tidak senang di sekolah. Akibatnya anak akan sering mogok ke sekolah.
Untuk itu guru dan orangtua perlu memahami sikap anak-anak. Guru harus mampu menciptakan suasana menyenangkan. Demikian orangtua juga harus mampu memberikan kesan baik tentang guru tersebut kepada anak.

Disamping itu hendaknya orangtua dapat sedikit peka untuk dapat melihat pola-pola mengapa anak menjadi mogok sekolah. Berikan reward sederhana bisa berupa alat tulis yang disukai atau pujian saat anak memutuskan kembali ke sekolah. Mengetahui IQ anak dan bagaimana kesiapan mentalnya juga penting dilakukan agar tidak memaksakan jika kemampuan dan kesiapan mental anak memang kurang. Memeriksakan IQ maupun tes kesiapan sekolah dapat dilakukan di psikolog rumah sakit maupub praktik swasta.

 

NENA MAWAR SARI ; PSIKOLOG KLINIS


  • 03 Juni 2019
  • Oleh: RSUD Wangaya
  • Dibaca: 156 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya

dr. Dewa Putu Alit Parwita, M.Kes

12

Dec

I putu gede Wira bakti

Sampah


10

Dec

Kadus jematang

Lpj padam


10

Dec

Kadus jematang

LPJ padam




Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?