Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?
Baca Berita

RSUD Wangaya Edukasi Karyawan/Karyawati dengan Yoga, Meshanti dan Mejejaitan melalui PKRS

Oleh : ayagnawdusr | 06 Juli 2017 | Dibaca : 142 Pengunjung

Berdasarkan Permenkes Nomor 004 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Promosi Kesehatan Rumah Sakit, maka diwajibkan untuk melakukan kegiatan pemberdayaan dalam bentuk edukasi. Di rumah sakit, khususnya RSUD Wangaya Kota Denpasar sudah dibentuk Instalasi PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) sebagai tindak lanjut. Diantaranya pemberian edukasi terhadap pasien, baik edukasi kelompok maupun edukasi individu dan edukasi untuk orang sehat (Ibu hamil) yang sampai saat ini Instalasi PKRS yang bernaung di Bagian Promosi masih bekerjasama dengan Ponek saja. “Kedepan kami rencananya akan memberikan edukasi tidak hanya kepada pasien dan orang sehat, namun edukasi kepada karyawan dalam bentuk perilaku hidup bersih baik jasmani ataupun rohani juga sangat penting”, hal tersebut disampaikan oleh Ni Nyoman Putri Sriadi, SPd., Kes., selaku Kepala Bidang Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) dan Promosi RSUD Wangaya, dalam Sosialisasi Program PKRS tentang Edukasi kepada Karyawan, di ruang pertemuan bawah, Kamis (6/7) pagi.

Tujuan dari PKRS ini adalah untuk memberdayakan seluruh warga rumah sakit baik itu pasien, keluarga pasien maupun karyawan/karyawati, agar bisa berperilaku hidup bersih dan sehat jasmani rohani. Langkah-langkah yang sudah dilakukan di RSUD Wangaya melalui PKRS diantaranya, edukasi kepada pasien dan penunggu pasien, serta untuk orang sehat atau ibu hamil. Edukasi untuk pasien dapat diberikan secara terintegrasi dan individu. Integrasi dilakukan secara bersama-sama dengan tim kesehatan lainnya seperti Dokter menyampaikan tentang penyakit, Perawat tentang asuhan perawatannya, Farmasi bagaimana tata cara pemberian obat, kemudian bagian Promosi rumah sakit tentang lingkungan bersih dan sehat, dari PPI (Pencegahan Pengendalian Infeksi) tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar, serta dari pasien safety bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum atau sesudah datang dari rumah sakit. Jika edukasi individu khusus mengenai penyakit, jadi termasuk bagaimana cara minum obat dan diet bagi pasien, yang harus diikuti setelah pulang dari rumah sakit. Kemudian edukasi untuk orang sehat contohnya senam untuk ibu hamil, senam untuk penderita asma, dan senam kebugaran untuk penunggu pasien dan juga karyawan/karayawati di RSUD Wangaya.

Kedepan semoga program yang disusun oleh PKRS bisa membantu menyehatkan dan mensejahterakan karyawan/karyawati melalui edukasi. “Jadi mulai minggu depan kami akan melakukan edukasi terhadap karyawan/karyawati dengan Meshanti, Mejejaitan dan Yoga. Untuk Meshanti akan dilaksanakan hari Selasa, kemudian hari Kamis itu ada Mejejaitan, dan di hari Jumat karena kita menggunakan pakaian olahraga akan dilaksanakan Yoga, semuanya dimulai pukul 14.00 – 15.30 wita,” tutup Sriadi. dns_humas


Oleh : ayagnawdusr | 06 Juli 2017 | Dibaca : 142 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter