Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Anda Terima di RSUD Wangaya Kota Denpasar?
Baca Berita

Jaga Rahasia Rekam Medis Pasien RSUD Wangaya Ambil Sumpah 107 Petugas Non Medis

Oleh : ayagnawdusr | 20 Maret 2017 | Dibaca : 728 Pengunjung

Ada yang tampak berbeda dari apel rutin RSUD Wangaya bulan ini. Apel yang menjadi salah satu sarana koordinasi antara Direksi dengan seluruh pegawai di RSUD Wangaya, kali ini dirangkaikan dengan pengambilan sumpah terkait dengan rekam medis pasien di RSUD Wangaya.

“Kerahasiaan rekam medis adalah hal yang mutlak harus dipegang oleh setiap rumah sakit karena memuat data dan informasi mengenai riwayat penyakit yang diderita oleh pasien. Hanya pasien yang bersangkutan yang boleh mengetahui riwayat penyakitnya. Pemberitahuan kepada keluarga pun hanya boleh dilakukan jika pasien yang bersangkutan mengijinkan. Untuk itu kami merasa perlu melakukan pengambilan sumpah untuk petugas non medis yang terkait dengan rekam medis pasien. Kalau dokter, perawat dan bidan tidak disumpah lagi karena mereka sudah disumpah pada saat menyelesaikan pendidikannya”. Hal itu diungkapkan Direktur RSUD Wangaya, dr. Setiawati Hartawan, M.Kes saat ditemui sesaat setelah apel, Jumat (17/3) lalu.

Lebih lanjut Setiawati mengatakan bahwa selain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan atau pasien terhadap pelayanan RSUD Wangaya, pengambilan sumpah ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 36 Tahun 2012 tentang Rahasia Kedokteran, yang mana pada Bab III Pasal 4 Ayat 1 menyatakan bahwa semua pihak yang terlibat dalam pelayanan kesehatan dan/atau menggunakan data dan informasi tentang pasien wajib menyimpan rahasia kedokteran. ”Sebagai rumah sakit yang telah terakreditasi dengan predikat paripurna tentu RSUD Wangaya harus menerapkan standar-standar pelayanan kesehatan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan. Jangan sampai predikat paripurna itu hanya menjadi wacana saja”, imbuhnya.

Pengambilan sumpah terkait dengan rekam medis pasien ini diikuti oleh 107 orang petugas non medis yang terdiri dari petugas Rekam Medis, EDP, SIM RS, Gizi, Keuangan/Kasir, Radiologi, Laboratorium, VCT serta petugas administrasi di masing-masing ruangan rawat jalan dan rawat inap. Acara diawali dengan Upacara Mejaya-jaya bagi petugas yang beragama Hindu, dipuput oleh  Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa Putra Keniten dari Geriya Sari Tegal, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah yang didampingi oleh rohaniawan dari masing-masing agama dan penandatanganan berita acara oleh petugas yang disumpah, direktur, rohaniawan dan saksi. (ind)


Oleh : ayagnawdusr | 20 Maret 2017 | Dibaca : 728 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter