Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website RSUD Wangaya, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

STOK VAR KOTA DENPASAR MASIH ENAM RIBU VIAL

Oleh : rsudwangaya | 27 Mei 2015 | Dibaca : 2448 Pengunjung

Setelah sempat terjadi kelangkaan Vaksin Anti Rabies (VAR) di Rumah Sakit beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr.Luh Putu Sri Armini,M.Kes, Minggu (24/5) menyatakan bahwa Kota Denpasar masih memiliki stok 6.000 vial VAR yang dialokasikan cukup hingga enam bulan ke depan. “Jadi masyarakat Kota Denpasar tidak perlu khawatir karena kita masih ada stok VAR yang tersebar di dua rabies center yang ada di Denpasar yaitu RSUD Wangaya dan Puskesmas II Denpasar Selatan”, kata Sri Armini.

Sri Armini menekankan tak sembarang pasien yang bisa mendapatkan VAR di dua rabies center tersebut. Hanya yang ber-KTP Denpasar yang bisa dapat VAR ini. Dijelaskan, stok VAR tersebut dibeli menggunakan APBD Kota Denpasar, yang notabene merupakan uang warga Kota Denpasar. “Sebagaimana di daerah lain juga sama. VAR ini kan dibeli dengan APBD Kota Denpasar, kalau dipakai orang lain, laporan pertanggungjawabannya gak baik”, jelasnya. Namun demikian, korban gigitan anjing yang terindikasi rabies dan tidak memiliki KTP Denpasar tetap bisa mendapatkan VAR dengan sistem pinjam. “Biasanya bisa dengan sistem pinjam. Jadi harus dipastikan bisa kembali sebelum stok VAR kita habis”, imbuhnya.

Pihaknya khawatir jika stok VAR diberikan secara bebas, nantinya justru warga Kota Denpasar yang kesulitan mencari VAR kesana kemari. “Ini bukan diskriminasi, prosedur ini untuk kebaikan bersama. Kita utamakan dulu warga Kota. Tapi kalau memang perlu, bisa dipinjam dan harus dikembalikan. Bagaimanapun juga itu uang rakyat, jadi harus dipergunakan untuk rakyat”, tutupnya.

(Sumber : Harian Warta Bali, Edisi Senin, 25 Mei 2015)


Oleh : rsudwangaya | 27 Mei 2015 | Dibaca : 2448 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Video
No Video.
Facebook
Twitter